i

Lokasi Camping di Dieng

Dimana Mencari Lokasi Camping di Dieng?

Image result for lokasi camping dieng

Pada dasarnya banyak sekali lokasi yang bisa digunakan untuk camping. Namun, seiring dengan penataan kawasan wisata tersebut, serta untuk memulihkan lingkungan dan ekosistem Dieng, telah ditentukan beberapa lokasi yang bisa digunakan untuk camping. Di bawah ini beberapa lokasi camping yang paling diminati oleh wisatawan.

  • Gunung Prau
    Gunung Prau merupakan lokasi favorit untuk camping. Disamping area camping yang luas, juga membutuhkan energi tinggi dan waktu cukup lama untuk mencapai puncak. Oleh karena itu, agar stamina lebih segar saat berbutu sunrise dan mengeksplorasi area puncak, para pendaki lebih memilih camping di puncak gunung dari pada menginap di homestay yang banyak tersedia di area basecamp. Selain itu, dengan mengadakan camping di puncak gunung, fleksibilitas waktu akan lebih tinggi. Jika cuaca malam hari cerah, para pendaki bisa mengambil foto-foto milkyway yang sangat indah.
  • Sikunir
    Sikunir merupakan pilihan kedua bagi wisatawan yang menggemari camping. Meskipun merupakan objek wisata yang paling populer, namun karena jarak tempuh dari basecamp relatif dekat dan ringan, wisatawan lebih memilih untuk menginap di homestay-homestay. Oleh karena itu, jumlah wisatawan yang camping di Sikunir masih tidak sebanyak di Gunung Prau. Namun, bagi wisatawan yang menginginkan camping dan tidak mau repot-repot mendaki gunung, Sikunir adalah pilihan yang paling direkomendasikan. Lokasi camping Sikunir ada di area basecamp, di sekeliling Telaga Cebong. Fasilitas yang tersedia di basecamp juga sudah sangat memadai, mulai dari tempat parkir kendaraan, musholla, toilet, hingga warung makan. Sehingga semua kebutuhan wisatawan selama camping bisa ditemukan dengan mudah. Tak mengherankan jika Sikunir menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang ingin mengadakan camping tetapi tidak mau mendaki gunung.
  • Bukit Sidengkeng
    Bukit Sidengkeng merupakan zona konservasi di sekitar Telaga Warna. Berada di kawasan Wanawisata Petak Sembilan, di bawah pengelolaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Pemandangan Telaga Warna yang tampak memukau dari ketinggian, membuat Bukit Sidengkeng kerap dijadikan sebagai lokasi camping. Selain itu, akses yang relatif mudah, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit berjalan kaki, membuat Bukit Sidengkeng menjadi salah satu lokasi camping yang diminati oleh wisatawan.
  • Bukit Pangonan
    Bukit Pangonan merupakan spot menarik untuk menikmati sunset di Dieng. Selain itu, Pangonan juga menawarkan pemandangan padang savanna yang luar biasa di lembah Semurup. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 (satu) jam mendaki dari basecamp. Disamping lokasi camping tersebut di atas, banyak juga wisatawan yang memilih camping di Bukit Pangonan.

Related image

LEAVE COMMENT

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline