b

Carica Dieng Yang Banyak Manfaatnya

Wonobo memang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta traveling, daki gunung, mapun musik jazz konser yang biasa diadakan pada saat festival dieng culture dengan serangkaian pemotongan rambut gimbal. Yang sudah mengunjungi Wonosobo pasti tidak akan ketinggalan untuk membeli oleh – oleh khas makanan dari Wonosobo yaitu Carica.

Carica Dieng Wonosobo memiliki pohon dengan ciri – ciri hampir sama dengan pohon pepaya pada umumnya. Namun, tanaman carica ini memiliki ukuran buah yang lebih kecil dengan lebih banyak cabang. Tinggi tanaman sekitar 1-2 meter dan buah yang dihasilkan juga sangat mirip dengan pepaya hanya saja ukuran yang membedakan. Buah Carica jika masih muda berwanra hijau sedangakn jika sudah matang akan berwarna kuning dengan rasa yang sedikit asam dan berbau harum. Buah Carica jika masih muda memiliki banyak getah akan tetapi kalau sudah matang getah tersebut akan berkurang.

Carica Kaya Akan Vitamin

Walaupun berukuran kecil, kandungan yang terdapat pada carica Dieng Wonosobo cukup banyak dan bermanfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, gula, vitamin E dan B kompleks. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga sangat tinggi. Kandungan serat yang tinggi ini dapat membantu memperlancar proses pencernaan, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita maag ataupun siapa saja yang memiliki masalah pada pencernaan. Buah ini juga memiliki enzim papain yang dapat menetralkan Ph dan membunuh bakteri jahat. Selain diolah menjadi berbagai macam produk, daging buahnya juga dapat dimakan secara langsung.

Sudah disinggung sebelumnya, kandungan yang dimiliki oleh buah unik ini sungguh bermanfaat bagi tubuh, tidak sedikit wisatawan yang datang ke Dieng hanya untuk menikmati buah carica ini. Berikut adalah uraian mengenai beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari tanaman ini, antara lain adalah:

  • Buah muda yang dikeringkan dapat dijadikan serbuk yang dapat diolah menjadi bahan pembuat obat penyakit kulit dan kosmetik.
  • Sama seperti daun pepaya, daunnya juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging karena mengandung zat papain.
  • Kandungan vitamin A nya dapat menjaga kesehatan mata.
  • Kandungan vitamin C untuk kesehatan kulit.
  • Kandungan vitamin B kompleks untuk membantu metabolisme dalam tubuh.
  • Kandungan vitamin E untuk menjaga kesegaran kulit.
  • Zat agrinin yang terdapat dalam buah, dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara.

Selain itu, asal diproses dengan baik dan steril, sama seperti buah lainnya, carica juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

790127-2-manisan-carica  buah-carica-dieng-kupas

carica2  manisan-carica

LEAVE COMMENT

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline