Liburan  Menyenangkan

Bulan Desember adalah bulan kita untuk berlibur, menenangkan diri dari kesibukan sekolah maupun perkerjaan dan mendapatkan waktu bersama keluarga. Biasanya, pada akhir bulan ini mendekati tahun baru  ini, saatnya orang-orang memiliki waktu luang untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Tak heran banyak orang yang menanti-nantikan momen ini. Agar liburan semakin menyenangkan, kebanyakan orang merasa bahwa mereka harus menghabiskan uang yang banyak. Istilah ‘ada harga, ada barang’ biasanya menjadi pokok pemikiran ketika akan berlibur. Namun tidak selamanya pikiran itu benar. Liburan juga bisa dilakukan secara hemat dan tetap menyenangkan.

Liburan yang menyenangkan tidak harus pergi ke luar negeri. Lokasi berlibur di Indonesia sangat luas dan ada sangat banyak tempat-tempat indah disini yang pastinya akan membuat liburan kamu semakin hemat, menyenangkan, dan pastinya semakin dekat dengan keluargamu. Jadi, buat kamu yang ingin liburan hemat dan menyenangkan, bisa baca tips ini :

1. Lakukan Survei Lokasi Liburan

Hasil gambar untuk orang sedang survei

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti harus menentukan kemana kamu akan pergi. Untuk memastikan bahwa tempat yang kamu ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi kamu tentang liburan atau tidak. Survei bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel.

Selain itu, dengan melakukan survei kamu bisa mulai menghitung kisaran uang yang kamu butuhkan untuk berlibur ke tempat yang kamu tuju, dan juga kamu bisa mengetahui jika ada promosi atau diskon sehingga kemauan kamu untuk berhemat menjadi lebih mudah.

2. Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari

Setelah melakukan survei dan sudah menentukan tempat tujuan kamu, sekarang kamu harus mulai memesan tiket transportasi, tempat penginapan, atau bahkan jika ada, tiket tempat wisata di lokasi. Biasanya jika pemesanan dilakukan dari lama sebelum hari H, kamu akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah atau kamu bisa mendapatkan penawaran-penawaran menarik lainnya selama kamu berlibur.

3. Utamakan Kenyamanan daripada Kemewahan

Lupakan tentang liburan mewah jika kamu mau berhemat. Namun jangan sampai karena kamu sangat berhemat, liburan menjadi tidak nyaman. Utamakan kenyamanan kamu, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu liburan. Asalkan nyaman, semua pasti akan senang. Dan pastinya akan lebih menyenangkan lagi jika kamu bisa liburan dengan nyaman, mewah, tapi murah. Mungkin sih, namun jarang.

4.  Bawa Uang Tunai

Selalu bawa uang tunai selama kamu berlibur. Tentu saja bukan untuk dipakai berfoya-foya, tapi dengan membawa uang tunai, kamu akan lebih bisa mengatur pengeluaranmu selama liburan. Dengan membawa uang tunai, kamu bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang. Jika kamu takut kecurian, bawalah uang secukupnya saja, namun tetap bawa debit dan kartu kredit Visa atau MasterCard. Hal ini untuk membantu kamu saat membutuhkan uang mendadak.

5.  Catatlah Pengeluaran Selama Liburan

 

Jangan lupa untuk selalu catat setiap pengeluaran yang kamu lakukan walaupun itu sekecil apapun. Hal ini akan membantu kamu mengatur dan mengetahui kemana saja uang kamu mengalir. Dengan mengetahui itu semua, kita bisa menekan kemungkinan kita untuk boros dan berfoya-foya yang membuat liburan menjadi mahal.

6.  Berbelanja!

Hasil gambar untuk keluarga sedang berbelanja

Hal ini harus menjadi pokok pikiran kamu yang terakhir, karena ini seringkali menjadi sumber pengeluaran terbesar kamu saat liburan. Saat pergi ke tempat berlibur, tentu membeli oleh-oleh dan beberapa barang sangat dianjurkan supaya kamu dapat mengenang momen-momen liburan kamu, tetapi jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama kamu jika kamu tidak ingin kehabisan uang di hari-hari liburan selanjutnya.Selain itu, carilah tempat berbelanja yang murah tapi bagus. Biasanya berbelanja di pasar tradisional akan lebih murah dan  beragam daripada toko cinderamata.

7. Mengabadikan Momen

Gambar terkait

Hal ini yang perlu diingat agar kita apat melihat kembali kesenangan yang dilakukan saat liburan dan bisa menjadi kenangan yang bisa dibawa kemana kemana jika kita merindukan keluarga yang bersama waktu liburan yang pada waktu lain mereka berjauhan berbeda daerah, kota, maupun negara dan mengabadikan di tempat yang paling bagus di wisata tersebut.

 

Dapatkan diskon dan promo menarik dengan memesan Paket Wisata atau Penginapan Dieng via Whatsapp kami

Hubungi Kami