Wisata Religi di Wonosobo

Wonosobo tidak hanya dikenal dengan wisata Diengnya. Disini juga banyak wisata religi yang bisa menjadi destinasi berlibur Anda dan keluarga misalnya.  Wisata-wisata religi tersebut diantaranya :

Wisata Ziarah Makam Syeh Tumenggung Jogonegoro

Makam Tumenggung Jogonegoro terletak di desa Pekuncen, Selomerto. Tumenggung Jogonegoro merupakan seorang Bupati Kerajaan Mataram, mula-mula sebagai kepala prajurit ia bernama Ng. Singowedono. Karena jasanya terhadap kerajaan beliau mendapat gelar Raden Tumenggung Jogonegoro. Tumenggung Jogonegoro sendiri merupakan cucu dari pendiri Wonosobo yaitu Kyai Karim. Pada waktu perang Diponegoro meletus. Tumenggung Jogonegoro bergerak dan bergabung dengan pasukan Pangeran Diponegoro dan melakukan siasat perang gerilya. Dalam perang ini sampailah Tumenggung Jogonegoro dan prajuritnya di daerah Plabongan. Plabongan menjadi ibu kota Kabupaten Wonosobo pada waktu itu dan dikenal sebagai Wonosobo Plabongan. Di tempat inilah Tumenggung Jogonegoro bertahan hingga wafatnya. Di kompleks makam Pekuncen tidak hanya makam Tumengung Jogonegoro saja yang berada di sana namun juga makam keluarga dan para pembantu setianya seperti Kyai Pulanggeni dan Kyai Sanggageni.

 

Wisata Ziarah Makam KH. Muntaha/situs Dero Nduwur

Terletak di Desa Deroduwur Kecamatan Mojotengah. Beliau adalah penerus Kyai Asy’ari yaitu pejuang kemerdekaan dan  penyebar syiar Islam sebagai cikal bakal perkembangan Islam di Wonosobo, yang kemudian mendirikan perguruan tinggi Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) yang sekarang berubah menjadi Universitas Sain Al Qur’an (UNSIQ).

 

Taman Rohani Hati Kudus

Terletak di Dusun Aggrogondok Desa Reco Kecamatan Kertek. Merupakan tempat ziarah bagi umat Katholik. Infrastruktur iman menyatu dengan alam pegunungan yaitu view gunung Sindoro dan gunung Sumbing yang berpadu dengan musik shalawat khas Jawa pada saat misa. Taman rohani tersebut telah didirikan sejak tahun 2010.

 

Wisata Ziarah Kyai Wanusaba

Terletak di Desa Plobangan Kecamatan Selomerto. Konon nama Kabupaten Wonosobo diambil dari nama beliau Kyai Wanusaba, yang merupakan salah satu tokoh yang erat dengan sejarah berdirinya Kabupaten Wonosobo. Makam ini banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah untuk berziarah dan bermeditasi.

 

Wisata Ziarah Makam Kyai Kudus

Terletak di Desa Kadipaten Kecamatan Selomerto. Baliau adalah salah satu pengikut Pangeran Diponegoro yang sampai ke Dusun Manggis Kadipaten Selomerto. Beliau berjuang melawan Belanda dan mempunyai pengawal Kyai Bancol, Kyai Surjan, Kyai Simbar Mas dan Raden Bagus. Makam ini sering dikunjungi masyarakat untuk berziarah dan melakukan semedi.

 

Wisata Ziarah Makam Kyai Supo

Terletak di Desa Sedayu Kecamatan Sapuran. Kyai Supo atau Empu Supo adalah ahli pembuat keris dengan tangan kosong karena kesaktiannya. Di padepokannya mengalir air yang digunakan untuk mencuci keria buatannya, anehnya tanah yang dialiri air tersebut tumbuh bambu yang berkelok-kelok seperti keris. Makam ini juga sering dikunjungi masyarakat untuk berziarah dan semedi.

LEAVE COMMENT

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline