Wisata Pegunungan

Dieng adalah dataran tinggi yang masih menyimpan banyak wisata alam. Sebagian besar wilayah Kabupaten Wonosobo adalah daerah pegunungan. Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung) terdapat dua gunung berapi: Gunung Sindoro (3.136 meter) dan Gunung Sumbing (3.371 meter). Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prahu (2.565 meter). di dataran tinggi dieng inilah terdapat banyak gunung yang bisa untuk dikunjungi  bagi anda pecinta camping & hiking alam yang sangat cocok untuk traveling outdoor, diantara pegunungan dieng yang sekarang lagi populer adalah “gunung prau”

GUNUNG PRAU
151
Gunung prahu adalah gunung yang berada di 3 wilayah kabupaten,yaitu kabupaten batang kabupaten kendal dan kabupaten wonosobo ketinggian puncak gunung prahu 2.565 mdpl.
Dinamakan gunung prau karna bentuknya yang menyerupai ‘Prahu’, pemandangan dari puncak prahu,dengan suasana sunrise di pagi hari,ditambah banyaknya bukit teletubis dan taman bunga daisy, yang sangat menakjubkan. menjadikan wisatawan sering berkunjung di gunung ini,
153
Ada beberapa jalur pendakian yang bisa di lewati ke puncak gunung prahu ini,diantaranya bisa lewat desa ‘patak banteng’. perjalanan dari basecamp patak banteng menuju puncak prau memakan waktu sekitar 2jam,sedangkan dari Base camp Dieng bisa memakan waktu sekitar 3,5jam.
untuk naik ke puncak prau akan lebih enak pada waktu musim kemarau.

GUNUNG PANGONAN
154
Terdapat di wilayah kabupaten banjarnegara,gunung pangonan ini atau yang di sebut ‘padang savana’ adalah hamparan  luas rerumputan dengan dikeliling bambukuning(pringnggondani), adalah salah satu gunung Dieng yang bisa anda nikmati untuk sunrise sekaligus sunset,
155
Bagi wisatawan yang mau berkunjung namun tidak sempat menginap,tidak usah kwatir.
karna perjalanan menuju gunung pangonan ini hanya kurang lebih 25 menit.gunung ini tergolong baru ter expose oleh wisatawan,namun daya tarik keindahan alam di gunung ini di tambah dengan adanya ‘bukit cinta’ dan di sebelah barat gunung ini terdapat juga telaga merdada yang bisa dilihat dari atas bukit, mampu menyedot wisatawan yang berkunjung di gunung pangonan ini.

BUKIT  SIKUNIR
156
Berlibur ke Dieng tidak lengkap apa bila tidak mengunjungi bukit sikunir.wisata yang jadi unggulan di Dieng yang sangat ramai dikunjungi wisatawan saat ini, panorama yang sangat indah,menakjubkan,yang terletak di desa sembungan desa tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian mencapai 2.300 mdpl.
Eksotisme bukit sikunir yang sangat menarik bagaikan negeri di atas awan yang membawa sensasi tersendiri, bagi wisatawan jangan lewatkan apabila berkunjung  ke dieng rasakan pengalaman negeri di atas awan sambil berburu “Golden Sunrise”,momen indah ini dapat dinikmati pada saat cuaca cerah tidak berkabut tidak hujan,dengan jarak tempuh perjalanan kaki hanya sekitar 20 menit.dan biasanya para wisatawan mempersiapkan diri untuk naik ke bukit pada pukul 04:00
157
Tidak berhenti disitu,setelah selesai melihat indahnya sunrise di bukit sikunir,sekembalinya turun dari bukit pengunjung masih di suguhkan dengan indahnya telaga “cebong”. telaga yang terletak tepat di bawah bukit sikunir.

BUKIT SCOOTER
158
Bukit scooter juga tergolong wisata alam yang sangat baru.letaknya di sebelah utara desa dieng kulon,di bukit ini juga pengunjung bisa menikmati indahnya sunrise maupun sunset.dengan memandang ke sebelah selatan pengunjung juga disuguhkan dengan indahnya panorama alam lainya seperti komplek candi arjuna, telaga balekambang,dan alaminya desa Dieng.bahkan kalo cuaca cerah laut jawa utara dapat terlihat dengan jelas.

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline