s

Wisata Arum Jeram Serayu

Wisata Arum Jeram Serayu

Sungai Serayu terletak di Kabupaten Wonosobo – Banjarnegara, Jawa Tengah kira-kira 4 jam perjalanan dari Jogjakarta dengan melewati lereng Gunung Sindoro-Sumbing yang menyajikan kesejukan dan panorama alam pengunungan yang indah. Keunggulan lokasi ini sebagai arena arung jeram dikarenakan Serayu memiliki ukuran lebar sungai yang besar, rute pengarungan yang panjang, debit air yang merata sepanjang tahun serta pemandangan sekitar sungai serayu yang indah.

Hasil gambar untuk arum jeram serayu

Arung jeram di kategorikan sebagai olahraga wisata sekaligus olahraga petualangan. Sebagai olahraga wisata, arung jeram menyajikan sebuah perjalanan menyusuri sungai dengan varietas flora fauna yang dapat di nikmati para wisatawan sembari mendayung perahu mereka. Sebagai bentuk wisata air, arung jeram juga bisa di nikmati oleh anak-anak maupun dewasa, laki-laki maupun perempuan. Mereka tidak memerlukan keahlian-keahlian tertentu untuk menikmati wisata arung jeram, yang harus dilakukan hanya mematuhi instruksi pemandu dan prosedur-prosedur keselamatan yang akan di beritahukan sebelum memulai pengarungan.

Hasil gambar untuk arum jeram serayu

Hasil gambar untuk arum jeram serayu

Sebagai olahraga petualangan, arung jeram di batasi pada orang-orang yang memenuhi kualifikasi tertentu sesuai dengan tingkat kesulitan sungai yang akan di arungi. Prosedur yang diterapkan berbeda dengan wisata arung jeram, karena di asumsikan para pengarung ini telah memiliki keahlian maupun pengalaman yang memadai. Daya tarik petualangan arung jeram terletak pada tantangan dan resiko yang ditawarkanoleh sungai itu sendiri, sehingga pada umumnya track yang di plot untuk petualangan arung jeram tidak akan sama dengan trip wisatanya.

Gambar terkait

Mengenai tingkat kesulitan arung jeram di sungai Serayu ini bervariasi, mulai dari grade III sampai grade IV dengan jumlah jeram sekitar 25 jeram.

Hasil gambar untuk arum jeram serayu

Fasilitas Serayu Rafting :

  • Welcome drink
  • Air Mineral
  • Snack
  • Refreshment kelapa muda pada saat rafting
  • Makan
  • Transportasi lokal
  • Rafting equipment Standard Internasional : Life jacket, Helm, dayung , skipper ( instruktur ), Team Rescue, Medical kit (P3K)
  • Guide
  • Sertifikat rafting

Hasil gambar untuk fasilitas arum jeram sungai serayu

Rute / Jalur Transportasi Menuju Sungai Serayu :

  • Dari Purwokerto / Jawa Barat : Langsung menuju arah Wonosobo (± 2 jam) → via Banyumas / Purbalingga → Via Kota Banjarnegara → Transit di RM. Jujugan Serayu (± 3 km dr perbatasan Wonosobo – Banjarnegara).
  • Dari Semarang / Yogyakarta / Jawa Timur : Langsung menuju arah Banjarnegara → via Temanggung → via Wonosobo → Transit di RM. Jujugan Serayu (± 3 km dr perbatasan Wonosobo – Banjarnegara).

LEAVE COMMENT

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline