Tips liburan ke Dieng

Sudah pernah dengar Dieng? Sudah berencana kesana? Atau justru sudah kesana?

Kawasan dataran tinggi yang secara geografis masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo ini belakangan jadi primadona baru bagi wisatawan. Dieng kini tak pernah sepi, selalu ada keelokan yang bisa dinikmati jika berkunjung ke sini.

Maka dari itu untuk membantu kamu yang ingin jalan-jalan ke Dieng tanpa bikin kantung kamu jadi rombeng, simak tips berlibur ke Dieng berikut :

Jangan lupakan baju hangat dan jaketmu.

Sebelum pergi ke Dieng, kamu wajib mempersiapkan kondisi fisikmu. Jika tidak hati-hati kamu malah bisa jatuh sakit dalam perjalanan yang seharusnya bisa membuatmu senang. Kemas jaket tebal, sarung tangan, dan penutup kepala ke dalam tas yang akan kamu bawa. Dinginnya udara Dieng seringkali harus membuatmu mendobel pakaian. Selain itu jangan lupa juga untuk membawa pelembab seperti cream wajah, lotion, dan lip balm. Udara yang dingin bisa menyebabkan kulit badan dan bibirmu kering atau bahkan mengelupas. Tentu tidak nyaman bukan jika vakansimu terganggu karena urusan penampilan?

Hijaunya pemandangan pasti memanjakan matamu.

Bagi kamu yang berasal dari kota besar tentu memandangi persawahan dengan terasering dan bukit yang ditumbuhi pepohonan hijau adalah pemandangan langka yang tidak sering kamu jumpai sehari-hari. Perjalanan selama kurang lebih 60 menit dari pusat kota Wonosobo menuju ke Dieng akan memberikan sebuah pengalaman memandangi pesona alam yang jarang kamu jumpai tersebut. Udara sejuk yang menyelimuti selama perjalanan pun menjadi pelengkap penyempurna indahnya liburan kamu ke daerah wisata yang dikenal dengan julukan Tanah Dewa-Dewi ini.

Segera cari penginapan ketika sudah sampai.

Harga homestay yang kebanyakan dikelola oleh warga lokal ini pun amat bervariasi, mulai dari yang 100 ribu per malam hingga 250 ribuan semalamnya. Semua tergantung fasilitas dan kenyamanan homestay. Jika kamu berkunjung dengan rombongan besar, lebih baik sewa satu rumah sekaligus. Oh iya, satu yang harus kamu pastikan ada dalam penginapan yang akan kamu sewa: AIR HANGAT! Kecuali kalau kamu memang berencana tidak akan mandi ya..

Tanyakan harga menu ketika kamu hendak makan di rumah makan

Pada umumnya biaya makan di Dieng untuk sekali makan berkisar antara Rp 10.000 – Rp 15.000. Akan tetapi karena masih banyak rumah makan yang tidak menyediakan daftar harga untuk para pengunjung sehingga ada banyak wisatawan yang mengaku membayar lebih dari kisaran harga yang ditetapkan. Agar kamu tidak kena “getok” pedagang, pastikan dulu kamu bertanya sebelum memesan.

Itu tadi tips dan trik jalan-jalan ke Dieng untuk kamu semua. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berlibur yaa…

This entry was posted in Safety Tips, Tips n Tricks, Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *