Tempat Makan Asik Sekitar Dieng

Mengunjungi dieng rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya, seperti Mie Ongklok, Tempe Kemul dan Carica khas Dieng.  Suasana malam di Dieng sangat indah Karena kota yang dikenal sejuk itu menawarkan pesona malam yang apik.

Bila cerah, gugusan gunung Sindoro dan Sumbing tampak elok. Nikmat lagi sambil menikmati segelas kopi dan singkong goreng. Nah kali ini kita akan ngebahas tempat-tempat makan di sekitar Dieng yang unik, menarik dan makananya enak pastinya. Yuk disimak :

White House Cafe Wonosobo

Hasil gambar untuk white house cafe wonosobo

Salah satu lokasi yang menawarkan, suasana nyaman dengan pemandangan elok Wonosobo itu White House Café. Kafe ini berada pada lokasi yang cukup strategis. Sebab, dari lokasi ini kita dapat melihat Gunung Sindoro dan Sumbing tanpa terhalang bangunan lain. Tak hanya itu, kala malam hari pemandangan kian elok karena deretan lampu kota Wonosobo terlihat jelas.

Hasil gambar untuk white house cafe wonosobo

Untuk menjangkau White House Café cukup mudah, letaknya strategis,dari Alun –alun Wonosobo ke arah timur, jaraknya sekitar 300 meter. Yang menarik dari café ini yakni menu yang ditawarkan, yakni berbagai jenis minuman kopi dengan cemilan makanan lokal singkong goreng. Bagi yang menyukai jenis menu lain, WH Café juga menawarkan makanan seperti beer burger, franch fries serta berbagai makanan ringan lain.

Hasil gambar untuk white house cafe wonosobo

Hesti Indraningrum pemilik White House Café,menuturkan kafenya dibangun sengaja menyuguhkan konsep alam. Sebab di Wonosobo belum banyak yang mengambil pola ini. Untuk menu yang disuguhkan diakui lebih banyak makanan lokal dan minuman. Salah satunya berbagai jenis kopi dari berbagai daerah.“ Kopi yang kita suguhkan beragam, kopi asli Wonosobo hingga dari daerah lain,”katanya

Gambar terkait

Untuk memadu minuman kopi, WH Café menyuguhkan berbagai cemilan atau makanan ringan berasal dari makanan tradisional hingga internasional. “Makanan ini sekarang langka, namun tetap disukai oleh kalangan remaja,” pungkasnya.
Tak hanya nyawan untuk menikmati alam, White House Café juga menyediakan ruang untuk meeting atau belajar kelompok bagi para pelajar dan mahasiswa dengan tarif makanan minuman terjangkau.

Hasil gambar untuk white house cafe wonosobo

Mie Ongklok Pak Muhadi

Gambar terkait

Mie Ongklok adalah sejenis mie dengan kuah kental nyaris seperti lem. Kuahnya terasa gurih dengan sedikit sentuhan rasa manis. Kuah ini dibuat dari campuran air kaldu, ebi, gula merah, tepung kanji dan bumbu pelengkap lainnya.

Hasil gambar untuk MIE ONGKLOK PAK mUHADI

Hasil gambar untuk MIE ONGKLOK PAK mUHADI

Untuk penyajiannya, mie kuning basah bersama sayuran kol segar dan potongan daun kucai diongklok dengan alat semacam saringan yang terbuat dari anyaman bambu. Yang dimaksud ongklok di sini adalah proses pencelupan mie dan sayuran ke dalam air mendidih berulang kali hingga matang. Selanjutnya mie ditaruh dalam mangkuk dan disiram dengan kuah kental berwarna kecokelatan. Di atasnya ditambahkan sedikit sambal kacang dan bawang merah goreng.

Hasil gambar untuk MIE ONGKLOK PAK mUHADI

Uniknya lagi, Mie Ongklok disajikan bersama pendamping sate sapi lengkap dengan bumbu kacang dan kecap. Jarang-jarang makan mie dengan lauk sate. Sate sapinya pun istimewa. Dagingnya empuk dan sudah diberi bumbu sebelum dibakar sehingga rasanya benar-benar meresap. Sungguh perpaduan indah yang mungkin takkan bisa ditemui di daerah lain. Ada juga menu pendamping yang lebih ringan seperti tempe kemul/mendoan dan geblek, semacam makanan dari singkong.

Gambar terkait

Kedai Mie Ongklok Pak Muhadi cukup mudah ditemukan karena berlokasi di salah satu jalan utama di Wonosobo tepatnya di Jl. Ahmad Yani No. 1, Wonosobo – Jawa Tengah. Restoran ini buka siang hari pada pukul 12.00– 19.00 WIB.

Hasil gambar untuk MIE ONGKLOK PAK mUHADI

Kedai Mie Ongklok Pak Muhadi ini tempatnya cukup besar, dengan ruang parkir yang memadai. Tampilan dalamnya sederhana, terdapat beberapa meja panjang dan bangku yang bisa menampung cukup banyak pembeli. Pembeli juga bisa melihat dengan jelas proses pembuatan Mie Ongklok karena dapurnya berada di jalur pintu masuk.

Hasil gambar untuk MIE ONGKLOK PAK mUHADI

Mie Ongklok Pak Muhadi ini merupakan tempat makan mie ongklok yang paling ramai dikunjungi karena memiliki citarasa yang lezat dan gurih sangat kental sekali dengan cita rasa khas wonosobo.

Soto Sapi Khas Wonosobo “EDS” 

Hasil gambar untuk soto EDS wONOSOBO

Kota Wonosobo  terkenal dengan kota bercuaca dingin, jika berkunjung ke Wonosobo enaknya cari tempat makan yang menjual makan yang hangat dan berkuah. Salah satu rumah makan yang menjual makanan hangat di Wonosobo adalah Soto Sapi Khas Wonosobo “EDS”.
Di rumah makan ini menjual berbagai macam menu makanan seperti bakso sapi, bakso ikan, soto ayam dan soto sapi dan juga menjual berbagai macam jenis keringan,oleh-oleh, dan telur asin yang cukup enak. Makanan favorit saya di tempat makan ini adalah soto sapi dan bakso ikan.
Hasil gambar untuk soto EDS wONOSOBO
Kuliner Soto Sapi memang banyak tersebar di berbagai daerah di Pulau Jawa lalu apa yang membedakan Soto Sapi “EDS” ini dengan soto sapi yang lain? Soto Sapi “EDS”  memiliki rasa kuah yang enak dan sedikit asam, ditambah tauge yang menambah rasa dari soto tersebut. Selain itu Soto Sapi “EDS” memiliki irisan daging sapi yang terbilang cukup banyak dan empuk.
Tempat makan ini juga nyaman dengan sorotan lampu bewarna kuning yang membuat suasana di tempat makan menjadi terasa lebih hangat ditambah dengan cuaca di wonosobo yang sejuk dan segar. Soto Sapi “EDS” berlokasi di Jalan Jl. Ahmad Yani No.118 Wonosobo,  tempat makan ini termasuk salah satu rumah makan yang patut dikunjungi ketika Anda berwisata di kabupaten Wonosobo.
Hasil gambar untuk soto EDS wONOSOBO
Selain “Soto Sapi”,  warung makan EDS juga menyediakan Soto Ayam yang tak kalah lezatnya.
kuahnya bening dan segar, daging ayamnya bertekstur lembut menggugah selera, sambalnya khas , kucuran jeruk nipis mengunci rasa soto, ditambah lauk seperti tahu kemul dan tempe kemul menambah lengkap dalam menggoyang lidah Anda.
Hasil gambar untuk soto EDS wONOSOBO
Hasil gambar untuk soto EDS wONOSOBO
Hasil gambar untuk soto EDS wONOSOBO
Waroeng Djoglo
Hasil gambar untuk WARUNG JOGLO WONOSOBO
Menikmati kuliner di sebuah restoran yang dikelilingi pegunungan dan diselimuti kabut menjadi sebuah sensasi tersendiri. Sensasi unik ini akan Anda dapatkan jika menyantap hidangan di Waroeng Djoglo, salah satu tempat makan di Wonosobo.
Waroeng Djoglo  berada di Jl Raya Wonosobo-Parakan Km, 15 Desa Kapencar, Kertek, Wonosobo. Restoran itu terletak di antara dua gunung yakni Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.
Hasil gambar untuk waroeng djoglo WONOSOBO
Hasil gambar untuk WARUNG JOGLO WONOSOBODesain restoran yang mengadopsi rumah joglo semakin menambah nuansa asri. Apalagi, saat sore hari, kabut pegunungan tengah menyelimuti tempat ini. Hal itu semakin menambah indah suasana ditambah hawa dingin yang membuat badan menjadi segar. Saat masuk ke dalam restoran, sejumlah foto terpampang. Foto-foto itu adalah testimoni dari para pejabat dan artis yang pernah datang ke restoran itu.
Hasil gambar untuk WARUNG JOGLO WONOSOBOMulai dari Irjen Pol Dwi Prayitno yang saat itu masih menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah, Bibit Waluyo yang saat itu menjabat sebagai gubernur Jateng, hingga para artis seperti Mayang Sari, Tora Sudiro, Yovie and Nuno, dan Slank, pernah menyantap hidangan restoran Warung Djoglo.
Hasil gambar untuk waroeng djoglo WONOSOBO
Hasil gambar untuk waroeng djoglo WONOSOBOMenu andalan di restoran ini adalah gurame bakar, dan sop buntut goreng. Rasanya cukup lezat. Di tengah daerah pegunungan yang dingin, menyantap sop buntut panas menjadi salah satu pilihan untuk membuat tubuh hangat dan tentunya untuk mengenyangkan perut yang lapar. Untuk gurame bakar harga per ons nya itu Rp 9500. Biasanya untuk satu porsi itu 8 ons jadi harganya sekitar Rp 76 ribu satu porsinya.
Hasil gambar untuk waroeng djoglo WONOSOBOMenu yang ditawarkan di restoran yang sudah berdiri sejak 2006 itu pun beragam. Mulai dari makanan berat seperti gurame bakar/goreng/asam manis, aneka pepes ikan, aneka menu ayam, aneka sop, gulai sapi/kambing, bakso, nasi goreng, hingga makanan ringan seperti pisang goreng, mendoan, otak-otak tuna, sekoteng, bandrek, jahe susu, kopi, dan aneka juice, ada di situ.
Hasil gambar untuk waroeng djoglo WONOSOBO

Soal harga dimulai dari kisaran Rp 5.000 hingga puluhan ribu rupiah per menu. Restoran ini setiap harinya dikunjungi oleh ratusan orang yang singgah saat dalam perjalanan jauh, tapi ada juga yang sengaja datang untuk makan dan santai-santai menikmati pemandangan.

Resto Bu Djono

Resto Bu Djono ini terletak di dalam sebuah penginapan bernama Bu Djono Homestay. Homestay ini sangat terkenal di Dieng karena harga nya sangat murah (hanya 80.000 per malam ) dan masakan di resto Bu Djono enak-enak. Banyak pelancong mancanegara khususnya backpacker yang memilih untuk menginap disini. Resto ini terletak di Jl. Raya Dieng Km.27, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
Hasil gambar untuk restaurant bu djono
Gambar terkait
Menu favorit di Resto Bu Djono adalah Ayam Bakar. Porsi Ayam nya besar. Sambal nya enak bikin nagih. Sup jamur juga menjadi menu andalan Resto Bu Djono. Apalagi untuk disantap saat makan malam. Hangat dan enak di perut. Harga porsi ayam nya cuma Rp. 15.000,- sudah komplit pakai nasi.
Hasil gambar untuk restaurant bu djono
Resto ini memiliki menu yang cukup lengkap, suasanaya sangat sederhana dan homey sekali. Jika menginap disini tidak ada salahnya mencoba banana pancake desert yang manis dan lembut. Pokoknya menu-menu disini enak-enak dijamin ngga bakal nyesel nginep dan makan di Bu Djono.
Hasil gambar untuk restaurant bu djono
Hasil gambar untuk restaurant bu djono
Hasil gambar untuk restaurant bu djono
Di Dieng tidak terdapat banyak pilihan tempat makan. Ada beberapa warung makan kecil / warteg di tepi jalan tetapi tidak punya price list. Dari cerita penduduk, ternyata warung-warung kecil itu ada yang suka menaikkan harga sembarangan. Kasihan banyak wisatawan yang tertipu, apalagi wisatawan yang kelihatan berduit. Jadi, hati-hati saja kalau makan di warung yang tidak memiliki daftar harga ya.
Warung Makan Mbak Mien
Hasil gambar untuk restoran Mbak Mien
Warung Makan Mbak Mien ini terkenal dengan menu Nasi Goreng Jamur nya. Enak banget. Rasa nasi gorengnya pas cocok banget di lidah. Mencoba makanan Mbak Mien paling enak itu pagi-pagi sewaktu sarapan. Harga nasi goreng nya Rp. 12.000,- per porsi. Jangan lupa makan nasi goreng nya dicampur Kripik Jamur khas Dieng. Nambah selera makan dan cocok jadi oleh-oleh.
Hasil gambar untuk restoran Mbak Mien
Menu-menu makan disini cukup bervariasi dan cocok banget dengan cuaca di dieng yang dingin. Lokasinya juga strategis terletak di area terminal dieng. Harganya relatif murah untuk para backpacker. Recomended banget buat dicoba.
Hasil gambar untuk restoran Mbak Mien
Nah sekarang bisa memutuskan untuk mau makan dimana kalo ke Dieng, semoga artikelnya bermanfaat ya.
This entry was posted in Info Kami and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *