S

Sumur Jalatunda, Mitos dan Wisata

Sumur Jalatunda di kawasan pegunungan tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Sumur raksasa yang terbentuk alami melalui aktivitas vulkanik gunung ini kini menyimpan segudang mitos. Salah satunya dipercaya menjadi sumur pengabul keinginan.

Mitos tentang keberadaan Sumur Jalatunda memang tak jauh dari legenda yang berkembang di mata penduduk lokal sekitar yang akrab dengan sebutan Bumi Khayangan. Jalatunda berasal dari kata ‘Jala’ dan ‘Tunda’. Artinya, siapa saja yang mempunyai hajat atau angan-angan jangan pernah untuk menunda kesempatan di lain waktu.

Mitos penamaaan itu akhirnya populer menjadi sebuah cerita rakyat. Lalu muncul kepercayaan, barang siapa dapat melempar batu hingga ke ujung dinding sumur maka cita-cita dan harapannya akan tercapai. Meski demikian, hal ini tergantung dengan sugesti masing-masing individu yang memercayainya.

Pantas saja tiap pengunjung yang datang di obyek wisata ini selalu melempar sebuah batu di Sumur Jalatunda. Konon, pernah ada seorang pengunjung yang sudah bisa membuktikan mitos tersebut karena berhasil melempar batu hingga ujung dinding. Dan benar, keinginan sang pelempar akhirnya terwujud.

Sumur Jalatunda berada di ketinggian sekira 2.000 mdpl dan terletak di kawasan Dieng paling barat. Anda dapat menemukan wisata Sumur Jalatunda dengan menempuh perjalanan 45 menit dari pusat kota Wonosobo. Sumur Jalatunda ini berada pada kawasan Dieng zona 2. Di kawasan ini juga terdapat destinasi wisata Kawah Sileri, Bukit Cemeti, Kawah Candradimuka dan Telaga Dringo.

Ada kisah unik pula, yakni ketika kita menaiki anak tangga menuju Sumur Jalatunda, kita akan sulit untuk menghitung pasti jumlah anak tangga. Terkadang terdapat selisih jumlah sehingga kita hendak menghitung kembali jumlah anak tangga tersebut berubah perhitungan. Anda patut mencobanya saat berlibur di kawasan ini.

Terlepas dari mitos yang berkembang, lokasi yang berjarak tujuh kilometer dari objek wisata inti Dieng plateau ini menyimpan sejuta pesona. Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang terdapat di objek wisata sumur Jalatunda seperti area parkir kendaraan, toilet, shelter atau gardu pandang.

LEAVE COMMENT

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline