s

Spot Favorit yang wajib dikunjungi di Dieng

Dataran Tinggi Dieng terletak di Jawa Tengah dan merupakan kawasan vulkanik aktif. Dataran tinggi yang terkenal sama wisata alamnya ini masuk Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dieng dikenal sebagai “Negeri di Atas Awan” karena pas tengah malem sampe pagi, kita bisa liat banyak awan yang berkumpul di bawah Dataran Tinggi Dieng. Masalah suhu, nggak usah ditanya lagi. Dieng bisa bersuhu sampe 0° C pas musim kemarau lho! Karena keindahan alamnya, Dieng juga sering disebut sebagai “Negeri Khayangan”.

Yuk simak spot spot cantik yang wajib dikunjungi di Dieng Plateau.

1. BUKIT SIKUNIR

Hasil gambar untuk sikunir dieng

Bukit yang disebut-sebut sebagai salah satu spot terbaik buat ngeliat sunrise ini wajib banget buat didatengin. Pemandangan sunrise-nya emang luar biasa banget. Bukitnya pun relatif ngga terlalu susah buat didaki. Jangan lupa bawa sweater atau jaket plus senter ya buat ke sini, karena udaranya yang dingin banget. Abis turun dari Bukit Sikunir, kita juga bisa nih mampir ke Telaga Cebong yang letaknya satu area dengan titik start pendakian bukit.

2. TELAGA WARNA DAN TELAGA PENGILON

Hasil gambar untuk telaga warna dan pengilon

Telaga ini dinamain “Telaga Warna” karena airnya bisa keliatan berbeda-beda warna. Bukan karena hal gaib, fenomena ini dikarenakan kandungan belerang yang ada pada telaga ini. Uniknya, Telaga Pengilon yang letaknya persis sebelahan sama Telaga Warna keliatan ngga terpengaruh sama sekali. “Pengilon” dari bahasa jawa artinya “cermin”. Yes, bukannya malah ikutan berwarna, tapi air di Telaga Pengilon ini jernih banget that we can see our reflection! Wilayah telaga ini dikelilingi sama gua-gua alami. Kita juga bisa ngeliat pemandangan dua telaga ini dari Batu Ratapan Angin, yaitu dua batu besar yang bersebelahan di atas bukit.

3. KOMPLEKS PERCANDIAN ARJUNA

Hasil gambar untuk kompleks percandian dieng

Kompleks percandian yang punya 5 candi ini letaknya tepat di cekungan Dataran Tinggi Dieng. Kompleks Percandian Arjuna terdiri dari Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, dan Candi Semar. Nama-nama candi ini diambil dari wayang di cerita Baratayuda. Kompleks percandian ini  dikelilingi sama pemandangan hijaunya perbukitan yang bagus banget. Kita juga bisa foto bareng sama wayang orang hanoman lho di sini!

4. DIENG PLATEAU THEATRE

Hasil gambar untuk dieng plateau theater

Tempat wisata yang satu ini cocok banget kalo kita suka sama sejarah dan budaya. Dengan durasi film selama 23 menit, kita bakal disuguhin sama sejarah, peristiwa alam, dan budaya di Dataran Tinggi Dieng. Dan untuk nikmatin film dokumenter ini, kita cuman perlu bayar Rp4,000 aja! Arsitektur bangunan teater ini juga artsy  banget loh.

5. KAWAH SIKIDANG

Hasil gambar untuk kawah sikidang

Nggak perlu jauh-jauh naik gunung kalo mau ngeliat fenomena alam yang ada di kawah. Di Dieng, ada kawah yang berada di tanah datar! So it’s easier for us buat ngeliat letupan lumpur panas dan gas yang muncul dari kawah. Pesona fenomena alam ini top banget deh. Tapi jangan lupa ya untuk bawa atau beli masker. Karena kayak kawah lainnya, Kawah Sikidang ini bau belerang. Selain nikmatin pemandangan, kita juga bisa beli telur mentah di pedagang sekitar kawah untuk nantinya kita rebus di kawah kecil yang airnya mendidih. Dalam 5 menit, telur mentah kita bakal jadi telur rebus deh. Hihihi

6. JEMBATAN MERAH PUTIH

Hasil gambar untuk jembatan merah putih dieng

This one is the newest hype destination in Dieng! Jembatan ini selesai dibangun bulan Mei 2016 kemaren. Jembatan ini ngehubungin dua bukit yang ada di kawasan Batu Pandang Ratapan Angin. Yes! It means dari atas jembatan ini, kita bisa nikmatin pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari sisi yang berbeda. Naik jembatan gantung ini juga bisa micu adrenalin kita nih. Tapi tenang aja, cuman dengan Rp5,000 aja, kita udah bisa naik jembatan ini plus dengan alat pengamannnya. What a very small spend for a precious view!  

7. MUSEUM KAILASA

Gambar terkait

 

Hasil gambar untuk museum kailasa dieng

For museum enthusiast, jangan sampe kelewatan ya buat berkunjung ke Museum Kailasa. Di museum ini kita bisa ngeliat sejarah, catatan kehidupan masyarakat, kebudayaan, sistem kepercayaan, sampe flora dan fauna yang ada di Dieng. Selain itu, disini juga ada teater yang nayangin berbagai film tentang Dieng, mulai dari masyarakat ataupun arkeologinya.

LEAVE COMMENT

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline