OLEH – OLEH KHAS DIENG

Dataran tinggi dieng sangat dikenal dengan Wisata budaya,wisata alam dan sejarahnya,berbagai wisatawan domestik maupun mancanegara hadir ke dieng untuk menikmati suasana alamnya yang sejuk,banyaknya wisata alam seperti,Kawah,candi,telaga,goa,air terjun,pegunungan ada di dieng, Bisa dikatakan semua wisata alam ada dieng kecuali pantai.
jika berkunjung ke obyek wisata pastinya anda akan berburu oleh-oleh, souvenir,maupun makanan khas.
Oleh-oleh yang wajib di bawa pulang diantaranya adalah

CARICA (PEPAYA DIENG)
223
Carica adalah kerabat pepaya dengan nama latin Carica pubescens. Rasanya agak asam tetapi harum, di sekeliling rongganya terdapat banyak sekali biji yang terbungkus oleh sarkotesta yang putih dan berair. Tanaman pepaya gunung lebih tahan terhadap udara dingin dan virus yang biasa menyerang pepaya biasa.
Carica berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan didatangkan ke Indonesia pada masa perang dunia ke-2, dan sukses di Dieng. Dan ternyata Carica tidak hanya tumbuh di Dieng, di Bali juga ada Carica dan biasa disebut “Gedang Memedi”.
banyak olahan carica yang ada di dieng diantaranya,kripik carica,selai carica,dan sirup carica.

KACANG DIENG (KACANG BABI)
224
Kacang dieng merupakan salah satu makanan yang unik.dari pohonya lebih tinggi dari kacang lain,daunya hijau sama dengan buah nya,kacang ini hampir mirip dengan buncis,buahnya yang gemuk dengan pantat yang mirip babi,maka kacang ini disebut kacang babi,olahan kacang ini dengan cara di keringkan lalu di tabur bumbu,terus digoreng, rasanya gurih,lezat ,siapapun yang makan kacang khas dieng ini serasa tidak akan mau berhenti.

PURWACENG
225
Purwaceng merupakan suatu jenis tumbuhan yang banyak hidup di dataran tinggi Dieng. Purwaceng dengan nama latin Pimpinella Fruacan merupakan jenis tumbuhan obat atau simplisia nabati, sehingga banyak dimanfaatkan untuk kesehatan. Tanaman purwaceng adalah sejenis ginseng yang hanya  terdapat di Dataran Tinggi Dieng.Jenis tanaman ini memiliki akar yang merambat-rambat.
Dari data yang dikeluarkan Dinas Pariwisata (Diparta) Kabupaten Wonosobo, Purwaceng hidup pada ketinggian 2000-2500 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Kehebatan Purwaceng yang sudah dirasakan penduduk sekitar memang menjadi satu ‘rahasia umum’ di kalangan kaum adam.
Cara membuat obat dari bahan purwaceng pun gampang. Akar-akar dari tumbuhan Purwaceng tersebut kemudian diambil. Kemudian direbus, dan airnya tersebut diminum sebagai obat. Tetapi, bagi yang kepingin praktis, banyak toko yang menjual dalam bentuk sachet.  Tinggal diseduh dan langsung diminum Dari berbagai penelitian yang dilakukan beberapa perguruan tinggi bahwa ada efek nyata pemberian tanaman purwaceng terhadap peningkatan kemampuan seksual. Oleh karena itu, purwaceng sering dijuluki sebagai “Viagra tradisional”  Purwaceng dapat meningkatkan gairah seks, meningkatkan hormon testosteron dan meningkatkan jumlah spermatozoid, merupakan obat kuat herbal.

KENTANG DIENG
227
Kentang adalah Komoditas Utama Daerah Dieng. Hampir 80% penduduk Dieng  menjadikan tumbuhan yang satu ini sebagai sumber mata pencaharian sehari-hari.
Jenis kentang yang biasa ditanam oleh Masyarakat Dieng adalah kentang Granola,alpha,catola dan lain-lain. keistimewaan lain Kentang Dieng adalah ukurannya yang relatif besar dan memiliki daya tahan yg lebih baik dibanding kentang dari daerah lain karena kadar airnya yang lebih tinggi.  kentang Dieng juga memiliki kadar karbohidrat dan gula yang rendah.
Selain sebagai Bahan Sayuran, kentang dieng mempunyai bentuk dan tekstur yang pas bila diolah menjadi kentang goreng.
jika anda datang ke Dieng, cobalah nikmat dan gurihnya Kentang Goreng Dieng yang banyak dijual di kawasan-kawasan Wisata.

KENTANG MERAH
230
kentang merah ini
merupakan sejenis umbi yang kaya akan manfaat. Di Indonesia kentang merah tumbuh subur di daerah dataran tinggi Dieng. Kentang merah juga bagus untuk jantung dan dapat pula digunakan dalam pengobatan catarral (penyakit hidung dan tenggorokan yang menyebabkan hidung beringus terus). Kandungan protease inhibitor pada kentang ini mampu menetralisir virus-virus tertentu dan menghambat serangan kanker

Masih banyak lagi oleh oleh khas dari dieng yang bisa untuk di bawa pulang,jika berkunjung ke daerah obyek wisata Dieng maka akan banyak penjual dan banyak  pilihan oleh-oleh yang pas untuk di jadikan oleh-oleh saudara,teman kantor,dll…

MIE ONGKLOK
231232

makanan khas wonosobo ini adalah mie ongklok,Jika para wisatawan sedang menempuh perjalanan ke pegunungan Dieng, mampirlah ke daerah Wonosobo. Di daerah ini ada salah satu kuliner khas yang cukup populer. Namanya Mie ongklok.

Yah, Mie Ongklok merupakan salah satu makanan populer khas Wonosobo. Kuliner yang rasanya unik dan lezat ini begitu memanjakan lidah para pengunjungnya.
Mie Ongklok ini merupakan mie ongklok generasi pertama di Wonosobo. Bukan cuma itu, bahkan kelezatan Mie Ongklok pun kabarnya telah menyebar ke negara-negara di Amerika, Asia, serta Eropa. Beberapa tokoh nasional pun juga tak ketinggalan kecanduan mie asal Wonosobo ini. Salah satu yang kecanduan Mie Ongklok adalah mantan presiden RI yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Kenapa disebut Mie Ongklok? Ternyata karena sebelum disajikan mie ini diramu dengan sayuran kol segar dan potongan daun kucai. Kol dan daun kucai merupakan sayuran khas Wonosobo. Kucai sendiri adalah daun yang terkenal sebagai penurun darah tinggi.
Kemudian setelah dicampur di sebuah gayung dari bambu, campuran mie dan sayuran tadi dicelup-celupkan selama beberapa menit di air mendidih, dan cara inilah yang disebut diongklok. Mie yang secara berulang-ulang dicelupkan di air mendidih. Dan cara pembuatan mie yang seperti ini hanya ada di Wonosobo.Hanya beberapa menit, mie dan campuran sayuran tadi ditaruh di mangkuk dan diguyur kuah. Kuah mie ongklok inilah yang terkenal khas. Kuahnya berasal dari pati yang dicampur gula jawa, ebi, serta rempah. Supaya rasanya lebih maknyus, mie ongklok diguyur juga oleh bumbu kacang.Penyajian Mie Ongklok khas Wonosobo sendiri juga tergolong cukup unik. Ada beberapa varian lauk yang disajikan bareng Mie Ongklok, diantaranya sate sapi, tempe kemul, dan geblek atau semacam makanan dari singkong.Ketika menyentuh lidah, kuah mie ongklok ini sangat segar. Kesegaran mie ongklok ini karena ada campuran ebi. Setelah dirasakan bersama lauknya, kelezatan pun bertambah. Sate sapi yang empuk dan tempe kemul yang renyah menyatu dengan rasa mie ongklok yang sedap dan segar. rasanya sangat menggugah selera.Untuk harga Mie Ongklok sendiri sangatlah terjangkau. 1 porsi Mie Ongklok hanya Rp 15.000 Jadi para wisatawan nggak usah khawatir,karena tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menikmatinya.

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline