4

Makanan Khas Banjarnegara yang wajib di coba

Ini Makanan Khas Banjarnegara yang tidak boleh terlewatkan dalam perjalananmu. Indonesia memang kaya, buktinya makanan khas Indonesia dari berbagai daerah pasti ada dan semuanya unik serta rasanya enak-enak. Seperti halnya di Banjarnegara, salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini juga memiliki kuliner khas Banjarnegara. Semuanya pasti enak dan membuat lidah tidak bisa berhenti makan.

Ada juga makanan khas kabupaten Banjarnegara yang cocok dijadikan oleh oleh khas Banjarnegara jika sobat ingin membawanya keluar kota. Banjarnegara yang terkenal dengan wisata Waduk Mrica nya ini memang punya banyak kuliner yang enak dan lezat. Mau tahu apa saja makanan khas daerah Banjarnegara Jawa Tengah? Yuk simak ulasannya berikut ini :

Makanan Khas Banjarnegara terlezat

1. Dawet Ayu Banjarnegara.

Hasil gambar untuk dawet ayu banjarnegara

Kenapa dawet ayu menjadi salah satu makanan khas Banjarnegara padahal kan bentuknya minuman bukan makanan? Sebab, dawet ayu memang menjadi ikon dari banjarnegara dan seolah menjadi identitas dari Banjarnegara. Dialun-alun Banjarnegara saja, ada patung penjual dawet ayu, sudah pasti minuman khas Banjarnegara ini menjadi minuman tradisional dari nenek moyang. Ciri khas dawet ayu Banjarnegara adalah warna cendolnya berwarna hijau dengan pemanis alami dari gula jawa atau gula merah. Saat ini, dawet ayu menjadi minuman yang sangat populer dan merupakan minuman favorit diacara-acara resmi seperti pernikahan, pertemuan, seminar dan lain-lain.

2. Combro Kalipelet

Hasil gambar untuk combro

Jika di Bandung disebut dengan comro tanpa B kalau di Banjarnegara disebut dengan combro menggunakan huruf B. Combro menjadi makanan khas Banjarnegara selanjutnya. Disebut dengan combro kalipelet karena masyarakat Kalipelet Banjarnegara memang dikenal memiliki keahlian membuat Combro dengan cita rasa yang khas. Jajanan khas Banjarnegara ini dibuat dari singkong (ketela pohon) yang dihaluskan kemudian isiannya biasanya campuran antara rasa pedas, asin dan manis. Dimasak dengan cara digoreng dan dinikmati dengan secangkir teh manis. Combro kalipelet juga sering dijadikan oleh oleh khas Banjernegara bagi banyak wisatawan yang datang ke Banjarnegara.

3. Soto Krandegan Banjarnegara

Hasil gambar untuk soto krandegan banjarnegara

Masakan khas Banjarnegara yang memiliki rasa lezat serta unik adalah soto krandegan. Ke Banjarnegara tanpa menikmati makanan khas Banjarnegara satu ini, sepertinya ada yang kurang. Soto krandegan mirip dengan soto betawi yaitu menggunakan santan dan isian utamanya berupa irisan daging ayam, potongan ketupat, tauge, kerupuk, taburan bawang goreng dan bahan enak lainnya. Semua bahan kemudian disiram dengan kuah sroto Krandegan yang enak. Penjual soto krandegan banyak ditemui di alun-alun kota Banjarnegara.

4. Mendoan Banjarnegara

Hasil gambar untuk mendoan banjarnegara

Mendoan memang menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cukup terkenal. Sebab beberapa daerah juga memiliki kuliner khas berupa mendoan namun dengan cara masak dan bumbunya masing-masing. Banjarnegara ternyata memiliki makanan khas berupa mendoan. Seperti mendoan pada umumnya, terbuat dari bahan utama tempe tipis lebar yang dibalut dengan tepung. Ciri khas mendoan Banjarnegara adalah adanya irisan daun bawang pada tepung yang dibalutkan ke tempe. Mendoan paling enak kalau dinikmati dalam keadaan panas hangat bersama dengan cabe rawit atau sambel kecap.

5. Buntil Banjarnegara

Gambar terkait

Buntil adalah makanan yang terbuat dari daun singkong atau daun talas yang didalamnya diisinya dengan isian seperti parutan kelapa yang telah dibumbui dengan bermacam-macam bumbu. Buntil Khas Banjarnegara biasanya menggunakan daun singkong bukan daun talas. Cara memasak buntil menggunakan santan kelapa tentu dengan bumbu khas Banjarnegara yang lezat. Nikmati buntil banjarnegara bersama dengan sepiring nasi hangat.

6. Mie Ongklok Banjarnegara

Gambar terkait

Mie ongklok adalah makanan khas Banjarnegara yang sangat lezat. Kenapa disebut dengan mie ongklok? Sebab cara membuatnya adalah dengan cara di kocok atau dalam bahasa lainnya di ongklok, makanya disebut dengan mie ongklok. Mie Ongklok Banjarnegara dibuat dari bahan utama berupa daging sapi atau daging ayam, sawi, ebi, irisan daun kol kemudian disiram dengan kuah kental khas Banjarnegara.

LEAVE COMMENT

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline