Info Wisata Dieng

136Kami berikan letak Geografis Tempat Wisata Dieng

Dieng terletak pada ketinggian 2093 mdpl, Dieng adalah dataran tertinggi kedua di dunia yang di  huni manusia setelah nepal/tibet.dengan luas situs purbakala 90.737 ha.
secara astronomis Dieng terletak antara 3’5-3’7 BT dan 7’11-7’13 LS.
Suhu di Dieng berkisar antara 14-17°c pada siang hari, dan pada malam hari berkisar 10°c. namun pada bulan-bulan tertentu suhu pada malam hari turun drastis, kadang bisa mencapai 4°c. sehingga pada bulan-bulan tersebut sering terjadi ‘Frost’ (embun yang mengkristal) fenomena alam tersebut  bagi masyarakat sekitar sering disebut dengan  nama ”Bun upas”. bun upas tersebut bisa merusak tanaman kentang yang tumbuh di Dataran tinggi dieng. mayoritas penduduk dieng adalah bertani, salah satu komoditi andalanya adalah Kentang. dieng juga menjadi tempat tumbuh tanaman langka seperti, Purwaceng, Carica, dan Kacang babi.
ada banyak wisata alam di dieng yang terletak di dua wilayah, yaitu wilayah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dieng juga  tempat berwisata yang indah sejuk dengan hamparan pohon-pohon dan pemandangan yang menakjubkan. ada lebih dari 18 wisata alam di dieng  salah satunya.

WISATA UNGGULAN DIENG

1.TELAGA WARNA
121
Berada di wilayah kabupaten Wonosobo dengan luas hutan kurang lebih 39 ha. berasal dari kepunden gunung berapi yang meletus ribuan tahun lalu terdapat dua telaga dalam satu cekungan yaitu ,Telaga warna dan Telaga pengilon.telaga warna adalah telaga yang berubah warna,kelihatan berwarna karna adanya belerang / sulfur yang tinggi dan lumut didasar telaga.
123
harmonisasi alam yang begitu indah sejuk mampu memikat para wisatawan yang berkunjung di sekitar Telaga warna yang dikelilingi kabut putih dan juga pepohonan yang sejuk.keindahan alam Telaga warna akan terlihat sempurna apa bila pengunjung menaiki bukit di sekitar telaga ini.
124
Disekitar telaga juga terdapat beberapa Goa yang kental akan suasana mistis yang hening.diantaranya ada
-Goa semar,yang mempunyai panjang 4meter juga sering digunakan untuk bersemedi,di Goa semar ini juga dahulu pernah digunakan oleh Mantan presiden RI bapak soeharto untuk bersemedi.
-Goa sumur,terdapat air suci bernama Tirtaprawitasari yang digunakan untuk ritual upacara muspe/mabakti oleh umat hindu
-Goa jaran,konon cerita pernah ada seekor kuda yang kelelahan dan kedinginan yang masuk kedalam goa tersebut dan terjadi kegemparan pada esok harinya yang tiba tiba kuda tersebut hamil.

2.KAWAH SIKIDANG
125
Kawah ini berada di wilayah kabupaten Banjarnegara,salah satu wisata unggulan di Dieng yang sering di kunjungi wisatawan karna tempatnya yang mudah dijangkau.Merupakan kawah yang masih aktif selain kawah silreri dan kawah candradimuka.kawah sikidang salah satu kawah yang dapat dilihat dengan sangat dekat bahkan bisa mencapai dibibir kawah.
126
Kawah sikidang dengan keunikanya yang dapat berpindah-pindah tempat,terjadi karna adanya dapur magma didalam perut bumi yang menghasilkan energi dan tekanan yang mendesak ke permukaan bumi sebagai letusan dan terbentuklah kawah-kawah baru yang seolah berpindah tempat.
127
didalam kawah ini terdapat bakteri Termofilik,bakteri yang membantu proses pembentukan sulfur pada suhu 45-90°c.
temperatur kawah sendiri berkisar antara 70-93°c.asap kawah sikidang sangat tebal dan mengandung H2S sebanyak 40 ppm.airnya bercampur belerang sehingga sebagian wisatawan biasanya memanfaatkan air tersebut untuk obat kulit,jerawat dan penghalus kulit.

3.KOMPLEK CANDI ARJUNA
128
Candi atau disebut juga dengan Candikagraha dan candi merupakan replika tempat tinggal dewa dengan bentuk meruncing keatas.candi-candi di dieng ditemukan pertama kali pada abad ke-18,oleh ahli arkeologi Belanda yang bernama Teodor Van Erp. sewaktu di temukan candi-candi tersebut masih tenggelam dalam air.baru kemudian pada tahun 1814 ahli arkeologi dari inggris yang bernama H.C cornelius mengadakan penyelamatan candi-candi tersebut.
129
dan setelah 42 tahun kemudian tepatnya tahun 1856 usaha pengeringan dilokasi candi dilakukan oleh J.Van Kinsbergen,dengan membuat terowongan air sebagai saluran pembuangan,saluran tersebut sekarang dikenal dengan nama Gangsiran Aswotomo.
pada umumnya candi-candi di Dieng menggunakan nama-nama tokoh dalam Epos mahabarata yang menjadi salah satu cerita dalam pewayangan.
130
Diantara komplek candi  arjuna terdapat 5 candi yaitu  candi Semar,Arjuna,Srikandi,Puntadawa,dan Sembadra.penamaan candi-candi itu meniru candi-candi yang ada di india,atau secara kebetulan saja hingga saat ini belum diketahui secara pasti karna tidak ada prasasti yang dapat membuktikanya,namun beberapa ahli berpendapat pemberian nama tersebut dilakukan sekitar abad -12. dan selain Komplek candi arjuna juga terdapat candi lain disekitar Dieng diantaranya candi Setiyaki,Bima,Gatotkaca,dan candi Dwarawati.

4.SUNRISE SIKUNIR DIENG
131
Berlibur ke Dieng tidak lengkap apa bila tidak mengunjungi bukit sikunir.wisata yang jadi unggulan di Dieng yang sangat ramai dikunjungi wisatawan saat ini, panorama yang sangat indah,menakjubkan,yang terletak di desa sembungan desa tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian mencapai 2.300 mdpl.
132
Eksotisme bukit sikunir yang sangat menarik bagaikan negeri di atas awan yang membawa sensasi tersendiri, bagi wisatawan jangan lewatkan apabila berkunjung  ke dieng rasakan pengalaman negeri di atas awan sambil berburu “Golden Sunrise”,momen indah ini dapat dinikmati pada saat cuaca cerah tidak berkabut tidak hujan,dengan jarak tempuh perjalanan kaki hanya sekitar 20 menit.dan biasanya para wisatawan mempersiapkan diri untuk naik ke bukit pada pukul 04:00
149
Tidak berhenti disitu,setelah selesai melihat indahnya sunrise di bukit sikunir,sekembalinya turun dari bukit pengunjung masih di suguhkan dengan indahnya telaga “cebong”. telaga yang terletak tepat di bawah bukit sikunir.

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline