Indahnya Air Terjun Sikarim di pegunungan Dieng.

Air Terjun Sikarim merupakan salah satu air terjun yang berada di pegunungan Dieng dan mempunyai ketinggian kurang lebih 100 meter. Air Terjun Sikarim memang menyajikan pemandangan yang indah dan hijau dengan perbukitan yang menjulang tinggi. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan pakis yang masih tampak sangat alami. Air Terjun Sikarim teletak di Desa Mlandi, Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo. Air terjun ini ternyata juga terletak di bawah Desa Sembungan yaitu desa tertinggi di Pulau Jawa dimana Bukit Sikunir itu berada.

Anda tidak akan merasa rugi saat berjelajah ke Air Terjun Sikarin pemandangan perbukitan nan menghijau diiringi dengan pertanian sayur yang membentang luas menjadi suguhan utama. Mungkin saat perjalanan menuju air terjun Anda akan banyak berhenti untuk mengeluarkan kamera sebagai bekal inti para petualang. Sepanjang jalan spot-spot objek yang tampak menggoda dan terlihat sangat elegan.

Suasana pedesaan masih terasa kental yaitu orang-orang sekitar yang masih mengandalkan pertanian di Surga Kahyangan ini. Jika beruntung Anda juga bisa bertegur sapa dengan Bajang Dieng yaitu si Anak Gimbal Dieng.

Di tempat inilah kita dapat melihat pertanian wasabi secara langsung. Banyak lahan pertanian wasabi yang dikelola pemerintah Jepang dan mereka membudidayakan di tempat ini di jalan menuju Curug Sikarim. Pepohonan dan hutan-hutan pakis masih terlihat rimbun. Berasa lega saat ketempat ini karena hutan rimba masih menghijau rimbun disana.

Rasakan keramahan penduduk lokal yang hidup di kaki pegunungan Dieng, mereka sangat ramah dan sangat menghargai siapa saja yang datang. Mereka hidup di pedesaan yang terbilang loh jinawi yaitu subur dan makmur. Ini juga menjadi salah satu daya tarik saat hendak menuju air terjun Sikarim. Hanya sededar berbincang-bincang dengan penduduk lokal yang sedang bertani di ladang mereka saja kita dapat merasakan kehangatan dan ketulusan yang lahir dari hati yang paling dalam

Ada 2 pilihan jalur saat ingin menuju Air Terjun Sikarim. Jika dari arah Wonosobo ambilah jalur dari Desa Garung di arah jalan menuju Telaga Menjer. Alternatif ke dua yaitu Anda dapat menyusuri jalanan yang teramat curam dari Desa Sembungan Dieng. Biasanya orang-orang menggunakan jalur dari Telaga Menjer Garung dan menggunakan jalur pulang melewati Desa Sembungan Dieng.

This entry was posted in Independent, Info Kami, Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *