A

Hijaunya Alun-Alun Wonosobo

Hampir setiap kota di Pulau Jawa memiliki akun – alun sebagai tempat rekreasi hingga berbagai kegiatan. Salah satu yang paling indah adalah alun – alun yang ada di Wonosobo.

Tempat tersebut biasa disebut dengan alun – alun. Tiap daerah berlomba – lomba untuk menciptakan alun – alun yang indah sebagai ikon sebuah kota. Selain jantung kota, alun – alun juga merupakan ruang publik dan pusat pemerintahan. Salah satu alun – alun terindah yang ada di Pulau Jawa adalah Alun – alun Wonosobo.

Alun – alun Wonosobo terletak di Jalan Pemuda, Kecamatan Wonosobo, Wonosobo, Jawa Tengah. Kunjungan kami ke alun – alun Wonosobo ialah dalam mengisi waktu tunggu pemberangkatan bus kami ke Jakarta.

Setelah mendaki Gunung Sumbing, kami menuju Terminal Mendolo Wonosobo untuk membeli tiket bus ke Jakarta. Karena waktu berangkat masih lama, jadi daripada menunggu di terminal kami putuskan untuk ke Alun – alun dengan menaiki mikro bus dan turun tepat depan alun – alun.

Saya melihat alun – alun ini seperti terbagi menjadi beberapa sisi, di antaranya adalah sisi utara yang menghadap ke arah pendopo kota. Di sisi ini traveler bisa menikmati aneka jajanan yang banyak dijual oleh pedagang, di antaranya mie ongklok, sate jamur dan es cendol durian.

Karena pernah mencoba mie ongklok, saya penasaran dengan sate jamur. Saya pun membelinya dengan harga Rp 8 ribu untuk 10 tusuknya, lengkap dengan lontong dan kuah kacang. rasanya kenyal – kenyal manis gurih, namun terasa pedas pada kuah kacangnya.

Kemudian kami beranjak lagi ke bagian selatan. Di sini banyak penjaja jasa sewa sepeda tandem dan otopet. Untuk sepeda tandem keliling satu putaran alun – alun, dikenakan ongkos Rp 5 ribu saja. Sedangkan otopet Rp 10 ribu. Kami pun penasaran dan ikut mencoba mengelilingi alun – alun yang memiliki hawa sejuk ini.

Setiap alun – alun biasanya dilengkapi juga dengan kehadiran masjid, begitu juga dengan Alun – alun Wonosobo yang di dekatnya juga terdapat masjid, sehingga bagi wisatawan muslim jika sudah masuk waktu shalat bisa segera menunaikannya.

Lapangan yang hijau, pepohonan yang rimbun, jogging track yang bersih, pemandangan yang indah berupa Gunung Sumbing – Sindoro di saat cerah serta hawa yang sejuk, membuat Alun – alun Wonosobo ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Suasana keceriaan begitu terlihat terpancar dari wajah – wajah orang di sini, rasanya bikin betah. Namun waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 sore, sehingga kami harus segera kembali ke terminal untuk mengejar bus.

Satu pesan saya, pokoknya jika traveling ke Wonosobo, wajib datang ke alun – alunnya sebagai bukti sah pernah ke Wonosobo yang asri ini.

LEAVE COMMENT

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline