Goa Semar, Cantik tapi Misterius

Goa Semar terletak satu kompleks dengan telaga warna, yaitu didaerah Dieng, Kabupaten Wonosobo. Telaga warna sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi andalan daerah tinggi Dieng.untuk mencapai Goa Semar, anda bisa masuk melalui pintu telaga warna dengan membayar retribusi yang sudah ditentukan oleh pengelola.

Setelah masuk kedalam kompleks wisata telaga warna, anda bisa ditemani oleh seorang pemandu wisata yang akan mengantarkan anda langsung menuju tempat goa. Namun bagi anda yang nyaman bepergian dan menikmati keindahan sendiri, anda dapat mengandalkan papan – papan penunjuk jalan yang tersebar dibeberapa titik telaga warna. Jalan akses menuju goa terbilang sudah cukup baik karena sudah diberdayakan oleh pengelola asalkan tidak tergenang air, jalan akan mudah dilalui. Tetapi jika hujan datang, jalan akan menjadi licin dan becek dan cukup berbahaya bagi pengunjung.

Jika anda mengunjungi Goa Semar, anda akan merasakan aura spiritual dan magis yang kuat memancar dari objek wisata ini. Karena tempat wisata ini memang ditujukan untuk tempat –tempat ritual bersemedi untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Dahulu, tempat ini pernah digunakan untuk bersemedi salah satu Presiden Republik Indonesia, yaitu Soeharto. Menurut cerita pemandu wisata, dulu sebelum Soeharto diangkat menjadi presiden, beliau pernah melakukan ritual bertapa yang dilakukan hanya bersana kuncen alias penjaga dari goa. Dikabarkan bahwa siapa saja yang bertapa disini dan dapat mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa akan mendapatkan berkah yang tak terduga. Mungkin berkah yang didapatkan oleh Soeharto adalah diangkatnya beliau menjadi Presiden Negara Indonesia.

Selain merasakan aura spiritual yang memancar dari objek wisata, pengunjung bisa mengabadikan gambar melalui kamera meskipun hanya terbatas pada bagian depan goa. Selain itu terdapat patung besar yang berada di pintu utama masuk kedalam goa yang dapat dijadikan bjek pengamatan dan pengambilan gambar. Dan ketika para pengunjung sudah selesai mengunjungi goa, mereka dapat berjalan – jalan disekitar kompleks telaga warna untuk melepas penat dan mengunjungi situs – situs yang sekomplek seperti Goa Pengantin, Goa Sumur, Goa Jaran dan telaga Pengilon.

Larangan Tempat Wisata

  • Jangan masuk kedalam goa sembarangan
  • Selalu menjaga omongan dan sopan santun, karea tempat wisata merupakan tempat wisata yang religious
  • Jangan mencorat – coret tembok gua
  • Dilarang membuang sampah sembarangan
  • Patuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola demi kebaikan bersama
This entry was posted in Info Wisata, Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *