g

Goa Pengantin, Goa Tersembunyi Nan Mistis

Goa Pengantin, Goa Tersembunyi Nan Mistis

Salah satu goa yang berada di kompleks wisata Telaga Warna yang namanya kurang begitu terekspos adalah Goa Pengantin. Banyak orang yang belum tahu bahwasannya di kompleks wisata seluas 39,60 hektare terdapat goa ini.

Goa adalah suatu lubang yang ada di tanah atau di bebatuan, berada di tempat yang tinggi yang terbentuk secara alami. Pun demikian dengan goa ini terbentuk secara alami berkat aktivitas alam yang ada di Dieng. Masih banyak versi yang beredar tentang bagaimana terbentunya gua ini, ada yang menyebutkan akibat  dari letusan gunung purba Dieng, ada juga yang menyebutkan terbentuk akibat proses penggerusan oleh air di bawah tanah yang terjadi secara terus menerus.

Gambar terkait

Goa Pengantin sifatnya hampir sama dengan goa – goa lainnya yang berada di sekitar Dieng. Goa ini dipercayai oleh warga memiliki nilai mistis dan supranatural. Biasanya goa ini ramai dikunjungi oleh orang – orang yang penasaran akan mitos yang beredar bersamaan dengan adanya goa ini. Konon katanya jika seseorang berdoa di goa ini dengan khidmat dan khusuk, dia akan segera ditunjukkan jodohnya.

Gambar terkait

Goa ini selintas memang terlihat biasa saja hampir sama dengan kebanyakan goa – goa yang lainnya, namun keunikan dari goa ini adalah terdapat dua pintu masuk yang diibaratkan sepasang pengantin yang sedang berdampingan. Bagian dalamnya kurang begitu jelas karena didalam belum terdapat cahaya yang menerangi goa ini. Namun diduga goa ini memiliki bentuk cekungan tanpa adanya jalan yang berkelok – kelok. Jika sedang beruntung, anda akan bertemu dengan orang yang berdoa di goa ini sambil membawa ubo rampe. Untuk anda yang berniat memasuki goa ini, anda harus meminta ijin terlebih dahulu kepada penjaga kompleks wisata ini, mengingat goa tersebut dikeramatkan oleh warga di sekitar Dieng.

Letak Goa Pengantin

Sebenarnya, mencari letak Goa Pengantin tidaklah terlalu sulit karena letaknya yang satu kompleks denga Telaga Warna. Alamat dari temat wisata ini berada di Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Didalam araea kompleks udah hadir banyak papan – papan arah yang menunjukkan dimana keberadaan tempat wisata ini. Goa pengantin yang satu kompleks dengan Telaga Warna, Goa Semar, Goa Sumur, Goa Jaran dan Telaga Pengilon berada di sebuah pulau kecil yang menyembul di sebuah bidang tanah perbatasan antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Jalan menuju pulau kecil ini sudah bisa dilalui orang meskipun agak sempit dan kadang basah akibat air.

Hasil gambar untuk goa pengantin wonosobo

Keutamaan Goa Pengantin

Untuk anda yang ingin membuktikan benar atau tidaknya mitos yang ada, anda bisa melakukan ritual doa mendekatkan diri pada Sang Pencipta di Goa Pengantin. Goa ini diceritakan sebagai tempat yang dikeramatkan dan media yang cocok untuk berhubungan dengan Pencipta. Cocok untuk orang – orang yang sudah lama belum mendapat pencerahan tentang jodoh yang selama ini sedang dinanti – nanti. Namun itu semua tetap kembali pada kepercayaan masing – masing dari pengunjung. Boleh saja percaya dan melakukan doa atau tidak percaya dan hanya mengunjungi saja untuk menambah wawasan.

Apa Saja yang Bisa di Lakukan

Selain berdoa untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta mengenai maksud diberikan pencerahan jodoh atau hanya sekadar mengamati tentang goa, anda juga bisa merasakan kereligiusitasan dari goa ini. Goa ini terasa syahdu dan mengandung banyak misteri yang membuat batin anda terasa damai. Kemudian tidak ada salahnya anda mengabadikan gambar bersama goa untuk kenang – kenangan. Berjalan – jalan mengitari Telaga Warna, bermain air di Telaga Pengilon, menjelajah situs – situs lain yang tak kalah menarik, dan lain – lain.

Hasil gambar untuk goa pengantin wonosobo

Larangan Selama di Tempat Wisata

  1. Dilarang berbuat gaduh dan keramaian, berteriak – teriak, mengucapkan kata – kata kotor dan tidak senonoh
  2. Mencorat – coret dinding goa dengan tipe-x, spidol, pilok
  3. Membuang sampah sembarangan di area wisata
  4. Memasuki goa tanpa seijin pengelola

LEAVE COMMENT

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline