Dieng Culture Festival

DIENG CULTURE FESTIVAL

251 252

Dieng Culture Festival akan menyajikan acara Tahunan di Dieng, seperti Ruwatan atau Pemotongan Rambut Gimbal yang sudah Terjadi Turun Temurun. Pemotongan rambut anak gimbal di Dieng ini hanya diikuti oleh anak-anak yang berambut gimbal, dan hanya bisa di temui di se kitar Dieng. Proses tumbuhnya rambut gimbal itu sendiri sangat menyakitkan  bagi si anak, gejala reaksi yang aneh, proses terjadinya rambut gimbal ini tidak terbawa sejak lahir,melainkan biasanya terjadi pada umur 41 hari sampai 6 tahun.

Proses ini biasanya di dahului oleh gejala-gejala fisik, seperti sakit-sakitan, suhu tubuh yang terus bertambah panas melebihi suhu tubuh normal,seringya mengigau pada waktu tidur, atau disebut gejala ‘psikis’ bila dilihat dari aspek diagnosis – medis, maka gejala-gejala tersebut justru mengacu kepada adanya suatu penyakit yang sedang menyerang tubuh manusia, pada kondisi psikis si anak itu berubah sikap dan tindakanya menjadi agresif, sukar diatur, gejala dan relasi yang aneh itu konon titipan dari kiyai “Kolodete”, mitosnya bahwa kiyai kolodete adalah sebagai penguasa didaerah itu,beliau juga berambut gimbal pada masa kecilnya dulu,dialah yang “mewariskan gimbal” itu kepada anak-anak mereka,dengan kata lain, rambut gimbal itu titipan sang kiyai, maka sudah barang tentu sebagai titipan pada suatu waktu akan di ambil kembali oleh yang menitipkan, dalam proses pengambilan tersebut dengan cara ruwatan pemotongan rambut gimbal yang dilakukan oleh sesepuh desa, biasanya di berikan hadiah seiring dengan permintaan si bocah tersebut.

Dan sekarang acara ruwatan rambut gimbal tersebut dilakukan secara masal sebagai acara festival budaya di Dieng.

256
Dieng Culture Festival 2016 yang akan di laksanakan tgl 5 – 7 Agustus 2016,Pelaksanaan Acara Tahunan di Dieng ini bisa menyedot sampai 5000 Wisatawan lebih yang ingin mengikuti acara Dieng Culture Festival,
143
Tiket Dieng Culture Festival ini beda dengan Tiket untuk wisata seperti hari hari biasa. Untuk Mengikuti Dieng Culture Festival bagi para wisatawan harus memesan tiket khusus Dieng Culture Festival nya,dan untuk pemesanan Tiket Dieng Culture Festival Harus jauh jauh hari untuk antisipasi Kehabisan untuk Stok Tiket.

Adapun rangkaian acaranya sebagai berikut:

  • Maiyahan
  • Parade seni budaya
  • Kirab budaya
  • Jamasan
  • Ruwat & cukur
  • Larungan
  • Musik Jazz atas awan
  • Pelepasan lampion masal
  • Pesta kembang api
  • Jalan santai
  • Purwaceng party

Dieng Culture Festival 2017 di perkirakan akan lebih meriah dari tahun tahun kemarin, dan DCF Kali ini akan lebih sempurna dan relevan untuk pelaksanaan, pengaturan jadwal acara, bagi yang tidak mempunyai tiket, tidak akan bisa melihat acara Dieng Culture Festival 2017 dengan memasuki area upacara adat,dan tiket yang sangat terbatas.

Beberapa galeri Diengcool.com di acara Dieng Culture Festival 2016;

254

 

photo by @afifgoweed_
photo by @duniamanji
photo by @tono_efendi
photo by @beniswahyudi
photo by @ayungga83

Segera Booking atau Pesan untuk Tiket Dieng Culture Festival Sekarang juga.jangan lewatkan acara yang sangat meriah ini karna tidak mendapatkan tiket.

Pemesanan Tiket bisa Hubungi Cs Kami,dan langsung Booking paket Wisata Dieng Culture Festival,

telp:
082227339434
085292149041
pin bb: 5B0DB713
wa:082227339434

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline