Aktivitas di Dieng

Dieng menawarkan aktivitas menarik dan tempat yang sempurna untuk berjalan dan lintas alam, mendaki, bersantai, camping, culinary ataupun mengembangkan hobby photography khusus landscape. Goegrafis Dieng, udara Dieng serta ragam wisata alamnya sangat cocok untuk melakukan berbagai aktivitas menarik dan menjadi sebuah tujuan wisata favorit di Jawa Tengah.

Berjalan dan lintas alam

 

Menikmati keindahan alam Dataran Tinggi Dieng dengan cara berjalan dan lintas alam ialah salah satu aktivitas menarik yang dapat dilakukan ketika tour ke Dieng. Berjalan dan lintas alam di Dieng Plateau menjadi hal yang menyenangkan untuk menyingkap alam Dieng lebih dalam. Dieng menyuguhkan ratusan tempat yang bisa digunakan untuk lintas alam dengan cara berjalan ke tempat-tempat indah dan memiliki pemandangan menawan.

Berjalan melintasi pedesaan, pertanian kentang serta sayur mayur ialah aktivitas menarik yang harus dilakukan ketika Anda berkunjung ke Dieng untuk memperoleh suasana yang berbeda. Sesekali Anda akan mendapati para petani menyapa dan bahkan mengajak Anda untuk bergabung bersama menikmati hidangan sederhana bekal mereka.

Berjalanlah melingkar mengelilingi puluhan telaga indah di Dieng Plateau dan Anda akan mendapatkan keindahan alam berbeda. Ada beberapa telaga cantik di Dieng yang bisa digunakan sebagai jalur lintas alam diantaranya jalur lintas alam di area BKSDA Telaga Warna dan Telaga Pengilon, kemudian bejalanlah mengelilingi area Telaga Menjer diantara pepohonan cemara dan perkebunan teh, lintas alam di area Telaga Cebong, Telaga Merdada, dan jangan lupa untuk menyingkap alam Telaga Dringo sebagai area bagus menghabiskan waktu liburan Anda lebih lama di Dataran Tinggi Dieng.

Mendaki

Dieng merupakan surganya para pendaki, ada banyak gunung-gunung menjulang serta perbukitan yang mengitari Dieng menyimpan berbagai kejutan-kejutan alamnya. Aktivitas menarik berikutnya yang dapat dilakukan di Dieng selain berjalan dan lintas alam ialah dengan cara mendaki. Bagi yang memiliki fisik bugar mendaki gunung-gunung di Dieng ialah tempat yang patut dijajal. Ada beberapa gunung atau bukit fenomenal yang dapat wisatawan daki diantaranya mendaki Gunung Prau, Gunung Pakuwojo, Gunung Pangonan, Gunung Seroja, Bukit Sidengkeng, Bukit Sikunir dan masih banyak lagi pegunungan atau pebukitan yang patut dicoba untuk didaki.

Siapa yang tidak mengenal Gunung Prau? Gunung Prau merupakan salah satu gunung di Dieng yang paling ramai di daki oleh anak-anak muda. Gunung Prau menempatkan sebagai titik tertinggi di Dieng Plateau. Tingginya mencapai 2.565 meter diatas permukaan laut. Lama pendakian kurang lebih 2,5 hingga 4 jam perjalanan tergantung dari mana Anda memulainya karena ada beberapa pos pendakian. Melakukan pendakian Gunung Prau merupakan aktivitas menarik dan menantang. Dari puncak Gunung Prau Anda bisa menyaksikan keindahan Golden Sunrise Dieng, kemudian landscape Dieng Plateau serta menikmati uniknya bukit mungil berbaris rapi seperti bukit Teletubbies.

Tempat pendakian selanjutnya ialah Gunung Pangonan, dari sinilah Anda bisa menyaksikan landscape sekitar Dieng Plateau serta indahnya padang savanna Dieng berpagarkan hutan akasia. Pemandangan yang dapat disaksikan dari puncak Gunung Pangonan diantaranya Gunung Sindoro, sunrise Dieng, Gunung Prau, Gunung Slamet, Kawah Sikidang, Telaga Merdada serta area pertanian yang berbukit dan berterasiring.

Bersantai

Resapi suasana setempat yang santai dan ramah selagi Anda sedang tidak memikirkan hal-hal tersulit ketika menghadapi sebuah pekerjaan dikala hari kerja. Bersantai di Dieng merupakan aktivitas menarik yang bisa anda lakukan ketika sedang berkunjung ketempat ini. Memandang langit biru, menghirup udara segar tanpa ternoda polusi, merasakan udara dingin dibawah 10 derajad bahkan hingga suhu minus, menyaksikan aktivitas pedesaan serasa Anda sedang pulang kampung serta menyaksikan keindahan alam sekitar Dieng menjadi aktivitas berharga dan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Bukan hotel megah dan restaurant mewah sebagai tempat bersantai menghabiskan waktu liburan Anda di Dieng, tetapi suasana menenangkan dan menyenangkan dengan pemandangan alam menyegarkan sungguh melebihi nilai dari hotel atau restaurant mewah. Anda bisa memanjakan diri secara langsung dengan alam Dieng.

Camping

Camping ialah aktivitas menarik berikutnya yang dapat wisatawan lakukan ketika sedang tour ke Dieng. Dieng banyak menyediakan tempat asyik untuk camping yang bisa dijangkau oleh semua kalangan. Ada 3 lokasi favorit untuk camping di Dieng yaitu Gunung Pangonan, Telaga Cebong dan Bukit Sidengkeng.

Cicipi local food

Dieng sebuah tempat subur dengan hasil bumi melimpah dan beragam. Mulai dari sayur mayur serta buah uniknya. Mencicipi aneka rasa local food merupakan aktivitas menarik ketika belibur ke Dieng bagi para penggila kuliner. Siapa yang tidak mengenal buah carica, purwaceng, kentang goreng Dieng serta aneka keripik jamur. Semua akan menjadi santapan special ketika Anda melakukan tour ke Dieng. Jangan lupa untuk mencicipi mie ongklok salah satu kuliner khas Dieng, Wonosobo yang wajib Anda Coba lengkap dengan tempe kemul dan sate sapinya.

This entry was posted in Safety Tips, Tips n Tricks and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *