3 Hal Yang Tak Boleh Di Lewatkan Dari Dieng

3 Hal Yang Tak Boleh Di Lewatkan Dari Dieng

Hal unik yang patut kamu ketahui

Ketika berkunjung ke suatu lokasi pasti akan kita temukan hal baru dan unik yang selama ini belum pernah kita temui. Demikian juga halnya ketika kita berkunjung ke Dieng,kita pasti akan menemukan hal unik yang belum dialami sebelumnya. Dieng adalah perpaduan antara keindahan alam dan budaya,beberapa hal penting yang tidak boleh dilewatkan selama berada di Dieng adalah mengunjungi segitiga emas meliputi Telaga Warna Pengilon,Kawah Sikidang dan Komplek Candi Arjuna, ketiga tempat tersebut sudah dipromosikan oleh berbagai pihak dalam dan luar negeri bahkan tahun 1925 sudah dipromosikan sampai ke Eropa.

Selain Segi tiga emas, hal unik lain dan mungkin hanya ada di Dieng adalah salju Dieng atau orang lokal menyebutnya dengan sebutan bun upas, kejadian ini merupakan fenomena alam yang unik dan jarang ada bandingannya, dimana saat munculnya salju dieng, hampir semua dataran tinggi dieng dipenuhi dengan salju tipis yang terhampar dan memutihkan rerumputan dan tanaman yang ada di Dieng. Waktu untuk menyaksikan kejadian langka ini pada musim kemarau sekitar bulan juli dan Agustus, sebelum munculnya embun upas biasanya ditandai dengan suasana Dieng yang seolah mati, tidak ada hembusan angin dimana-mana, udaranya sangat dingin menusuk tulang, pada saat tersebut biasanya penduduk sudah dapat menebak bahwa esok pagi akan muncul embun upas dan bagi wisatwan yang sudah menunggu biasanya akan segera keluar homestay saat pagi buta sebelum akhirnya embun tersebut mencair.

Satu hal lagi yang hanya ada di Dieng adalah tanaman Carica, tanaman ini tidak dapat tumbuh ditempat lain dan hanya ada di Dieng dan di Chilly, Carica Dieng (Carica pubescens Lenne & K.Koch) merupakan salah satu plasma nutfah Indonesia yang langka, karena hanya tumbuh terbatas di dataran tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo. Di Dieng tanaman tersebut hanya tumbuh di Kecamatan Kejajar, terutama di beberapa desa wilayah atas seperti Sembungan, Sikunang, Dieng Patak Banteng, Jojogan,Tieng, Igirmranak dan Parikesit. Dataran tinggi Dieng merupakan habitat yang cocok karena tanaman tersebut hanya dapat tumbuh secara optimal dan berbuah di ketinggian 1.500 – 3.000 m dpl (Pukan dan Enni, 2011). Jenis pepaya yang telah ditetapkan sebagai flora khas Kabupaten Wonosobo (Bapedalda Jawa Tengah, 2007) ini mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap virus yang menyerang pepaya sehingga sangat bernilai dalam program pemuliaan atau perbaikan sifat pepaya (Verheij dan Coronel, 1997). Carica merupakan tanaman yang termasuk satu genus dengan pepaya namun mempunyai aroma buah yang segar, lebih harum dan tekstur yang lebih kenyal dibandingkan pepaya.

Saat ini pengujung Dieng sudah dimanjakan dengan banyaknya outlet penjualan Carica siap saji, dalam bentuk botol maupun cup dengan harga yang sangat bersahabat , Carica ini merupakan makanan yang wajib dicoba selain Mie ongklok dan Grengnya purwaceng .

PAKET WISATA DIENG – Dieng Cool.Com. Paket Wisata Dieng dengan pemandu wisata yang profesional, berpengalaman. Maka dari itu Pilihan anda sangat tepat bila anda mencari travel agent yang dapat dipercaya. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://www.diengcool.com/ | HOTLINE: 082227339434 / 085292149041 | Pin BB 5b0db713 | E-mail adelialova5@gmail.com

This entry was posted in Info Kami and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *